A dream is only a dream without action. It is a very simple rule for every dreamer. There is no dream that is too high except the low optimism and effort. Dream will not wait, we chase for them and if we get it, ready or not, we must be ready. Having said like that, I bear in mind that I should keep on focus. I will make it. Germany, I’m coming!

Silahkan isikan data dan lengkapi kuesioner berikut untuk penyelenggaraan acara reuni dan buka bersama alumni 2008 SMA N 3 Mandau tahun 2014. Data dapat disimpan sebagai personal copy agar dapat mempermudah komunikasi dan silaturahmi di masa yang akan datang.

Silahkan isikan data dan lengkapi kuesioner berikut untuk penyelenggaraan acara reuni dan buka bersama alumni 2005 SMP N 3 Mandau tahun 2014. Data dapat disimpan sebagai personal copy agar dapat mempermudah komunikasi dan silaturahmi di masa yang akan datang.

Agung bertanya lagi, “How long have you been study English?”. Rata-rata peserta menjawab 12-13 tahun, sejak sekolah dasar. “Sudah belajar selama itu apa yang Anda dapatkan”, tanya Agung kembali. Salah satu peserta menjawab, “Like…I can, yes no”, para peserta pun terbahak mendengarnya. “Saya sudah belajar bahasa Inggris sejak kelas 5 SD”, terang Agung. Lagi peserta tertawa terbahak.

Yuspa Rizal menceritakan kisah beberapa tokoh popular seperti Andrea Hirata, Ahmad Fuadi dan Anies Baswedan. Mereka adalah penerima beasiswa untuk belajar ke luar negeri. “Mereka bisa mendapatkan akses seperti itu karena mereka menguasai bahasa. Itu syarat utamanya”, tanda Yuspa. Jangan sampai ketika kita ingin mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan masa depan yang lebih baik, kita terkendala bahasa, tambahnya.