Para pendiri Republik ini adalah kaum terdidik yang tercerahkan, berintegritas. Mereka berkesempatan hidup nyaman tapi mereka pilih untuk berjuang. Mereka mengedepanan keteladanan yang menggerakkan. Hal inilah yang dibutuhkan bangsa Indonesia dewasa ini, anak-anak bangsa yang terdidik harus berdiri di garda terdepan untuk mengupayakan kemajuan bangsa. Indonesia dalam kurun waktu 2010 sampai 2035 akan mengalami bonus demografi, dimana kaum muda produktif adalah komposisi terbesar, dividen akan diperoleh jika pendidikan berhasil. Masa ini harus mampu dijadikan titik balik kebangkitan.

“Aktivis itu energinya matahari, besar tapi sayang kekuatannya menyebar, tidak seperti energi laser yang kuat dan fokus.”, ucap Prof Laode dalam sambutannya di acara penutupan Pelatihan TOEFL bagi calon penerima beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Insancita Bangsa (YIB). Latihan yang berat itu adalah memfokuskan diri, sambung Prof. Laode.

A dream is only a dream without action. It is a very simple rule for every dreamer. There is no dream that is too high except the low optimism and effort. Dream will not wait, we chase for them and if we get it, ready or not, we must be ready. Having said like that, I bear in mind that I should keep on focus. I will make it. Germany, I’m coming!