Suatu ketika Ibu saya pernah bercerita bahwa Adik saya Andi Saputra mengeluhkan kenapa dia diberikan nama itu―yang menurutnya tidak keren dan sudah umum. Penasaran apa jawaban Ibu, saya langsung bertanya “lalu Mama bilang apa ke dia?”, “Itu tugas Andi untuk membuatnya berbeda, memang banyak Andi di dunia ini, Andi Saputra, dan Andi-Andi lainnya. Lalu Andi Saputra anak Mama ini akan dikenal dunia sebagai apa?”, ujar beliau kepada saya. Terang saja saya takjub, wow, Ibu saya ternyata concern juga terhadap branding―walau mungkin beliau tidak secara langsung mengenal istilah personal branding.

Dipanggil wawancara berarti Anda sudah berhasil mengalahkan ratusan bahkan ribuan pendaftar lainnya. Tampilkan diri Anda sebagai the best candidate. Yang paling harus Anda pahami adalah LPDP sebagai scholarship provider hanya akan memberikan beasiswa pada mereka yang sesuai dengan kriteria LPDP, baca dan pelajari visi misi LPDP.

Mencermati hasil survei Indeks Demokrasi Global sangat mengejutkan pelbagai pihak. Betapa tidak, hasil survei lembaga kredibel Economist Intelligence Unit tahun 2010 menunjukkan Indonesia hanya berada di peringkat 60 dari 167 negara yang disurvei. Indonesia kalah dibandingkan Thailand (ke-57), Papua Nugini (ke-59), bahkan jauh tertinggal dibanding negara Timor Leste (ke-42). Menurut Burhanuddin Muhtadi dalam bukunya Perang Bintang 2014: Konstelasi dan Prediksi Pemilu dan Pilpres (2013), mengatakan Indeks demokrasi rendah disebabkan lemahnya variable budaya politik, partisipasi, dan isu-isu kebebasan sipil.